Saat ini, orang sudah banyak yang menggunakan cara digital marketing untuk melakukan promosi terhadap bisnis yang mereka sedang jalani. Terlebih, sekarang juga sudah banyak pengguna yang melakukan transaksi jual beli melalui platform digital, seperti sosial media, website, email marketing, video marketing, dll.

Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam kehidupan masa kini, membuat setiap bisnis membutuhkan digital marketing. Secara umum, digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet yang dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran serta berbagai platform media digital yang memudahkan konsumen untuk saling berkomunikasi secara online. 

Digital marketing di Indonesia sudah mulai berjalan sangat luas. Kini, media yang digunakan dalam digital marketing bukan lagi menggunakan cara-cara “tradisional” yang biasanya menggunakan media cetak seperti billboard, banner, flyer atau koran. Para pengusaha pun sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform yang digunakan dalam digital marketing.

Channel Dalam Digital Marketing
Beberapa channel atau media yang digunakan dalam digital marketing yaitu:

Website
Website dapat menjadi perantara komunikasi antara bisnis Anda dengan konsumen. Hal yang terpenting dalam membuat website adalah bagaimana desain, fungsional dan strategi konten yang dapat memikat pengunjung dan mengubahnya menjadi pelanggan.

Content Marketing
Dengan membuat konten konsisten, bernilai, relevan dan engaging bagi audiens, Anda bisa lebih mudah menarik pelanggan. Saat ini rata-rata bisnis menerapkan content marketing, baik melalui blog, video, podcast, e-book, dan lain sebagainya. 

Social Media Marketing (SMM)
Saat ini, ada banyak platform media sosial yang bisa Anda pilih mulai dari Instagram, Twitter, Facebook dan banyak lagi. Lewat media sosial, Anda bisa menarik pembeli, meningkatkan kesadaran orang akan brand bisnismu, bahkan membangun hubungan dengan pelanggan. 

Pay-per-click (PPC)
Pay-per-click merupakan model advertising di mesin pencari seperti Google. Model ini digunakan agar website bisnis Anda muncul paling atas di hasil mesin pencari dengan cara berbayar. Strategi PPC ini bisa menjadi solusi untuk memasarkan bisnis Anda untuk menawarkan promo-promo tertentu. 

Search Engine Optimization (SEO)
SEO dilakukan jika Anda mau website bisnis Anda mudah ditemukan calon pelanggan dan mendapat traffic yang tinggi. Berbeda dengan PPC, SEO ini sifatnya jangka panjang yang dilakukan tanpa membayar alias gratis. Salah satu cara menerapkannya dengan memilih kata kunci yang tepat dan memastikan website toko online Anda SEO friendly.

Search Engine Marketing (SEM)
Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan yaitu untuk mendapatkan tampilan website pada halaman utama di mesin pencari seperti Google. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang ditargetkan di Search Engine Result Page (SERP). SEM dan SEO memiliki perbedaannya masing-masing. 

Singkatnya, SEM merupakan strategi marketing yang berbayar dibandingkan SEO yang lebih organik. SEM diharuskan berbayar karena biasanya SEM menggunakan media Google Ads dimana pemasang iklan harus membayar setiap kali diklik oleh visitor atau yang biasa disebut dengan Pay Per Click (PPC).

Email Marketing
Promosi menggunakan email merupakan salah satu cara dari digital marketing yang sudah cukup lama digunakan tapi masih relevan dipakai untuk saat ini. Email marketing membutuhkan biaya kecil tetapi memberikan hasil yang maksimal, selain itu juga dapat memungkinkan komunikasi yang lebih personal.

Video Marketing
Membuat video marketing menjadi salah satu efektif dalam mengenalkan sebuah produk bisnis. Video marketing bisa ditaruh di media sosial ataupun website yang Anda miliki. Hal ini tentu tak luput dari media sosial yang bisa menjangkau banyak kalangan dan akhirnya membuat sebuah produk menjadi lebih mudah dikenali.